Mazda-Indonesia

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

"Met datang tahun 2015, i-Mac Bersama dalam perbedaan"


Post new topic Reply to topic  [ 23 posts ]  Go to page 1, 2  Next
Author Message
 Post subject: menggati olie persneling
PostPosted: Wed Oct 13, 2010 8:51 am 
Driver Mazda

Joined: Thu Jan 28, 2010 6:06 pm
Posts: 117
mau nanya nih rekan2. bgmana cara mengganti olie perneling. soalnya udah muter2 mau ganti ditoko ganti olie adanya cuma olie pertamina.rencana mau beli olie sendiri diluar kota shell spirax sae 90.kir-kira kapasitasnya berapa ya untuk mazda 626 2.0Nb 166cc th 86. kira2 cocok nggak ya pake shell spirax.trima kasih ya sharingnya...


Top
Offline Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Oct 13, 2010 10:40 am 
Master of Mazda
User avatar

Joined: Fri Dec 30, 2005 8:38 am
Posts: 3775
sediain aja 4 liter spiraxnya.
saya pakai tuh di 323 elite saya. setelah selama ini pake rored hda-epa


Top
Offline Profile  
 
 Post subject: Re: menggati olie persneling
PostPosted: Wed Nov 10, 2010 3:20 pm 
Driver Mazda

Joined: Thu Jan 28, 2010 6:06 pm
Posts: 117
waduh sampai keliru nulisnya. yang benar 1600cc om.kira2 kapasistas oli persenelingnya berapa ya


Top
Offline Profile  
 
 Post subject: Re: menggati olie persneling
PostPosted: Mon Nov 22, 2010 9:33 am 
Moderator

Joined: Thu Jan 05, 2006 2:29 pm
Posts: 1563
kisaran 4-5 liter om............ buat 626 series emang rada "rakus" minum oli transmisinya......................... kalo dimobil yang lain sih biasa 3.5 literan aje.

kalo bisa beli yang 80-90 atawa 75-90 ............ biar entengan kerja transmisinya........ dengan catatan seelumnya kagak ada masalah bunyi2an or kasar transmisi shift gearnya.


fajarm


Top
Offline Profile  
 
 Post subject: Re: menggati olie persneling
PostPosted: Thu Dec 09, 2010 5:39 pm 
Beginner Mazda
User avatar

Joined: Sun Aug 08, 2010 11:33 am
Posts: 46
Location: Jogjakarta
Saya dulu pke rored hda di cronos, kemarin setelah ganti kampas kopling coba pke castrol mtf koq tuas persnelingnya jadi agak berat.

apa merk oli pengaruh ya, ato karena habis ganti kampas kopling?


Top
Offline Profile  
 
 Post subject: Re: menggati olie persneling
PostPosted: Fri Dec 10, 2010 8:17 am 
Moderator

Joined: Thu Jan 05, 2006 2:29 pm
Posts: 1563
kayaknya kagak bisa "nuduh" gara2 olinya sih....... soalnya bertepatan pas ganti kopling :)

ini berasa "berat"nya pas apa yah?

1. pas lepas kopling berasa berat bebel dll ?
2. susah masukin gigi perseneling?

urusan 2 point diatas sih gara2 Kopling

kalo oli perseneling / gearbox : pengaruhnya mah pas mobil udah jalan....... berasa berat tarikannya / berisik suaranya.

sepengalaman ane pake oli transmisi sih....... udah pasti makin halus tuh shift gearnya....... kagak mungkin bikin "berat". kecuali dulu biasa make sae 75-90 atawa 80-90 eh sekarang diganti yang 90 doang........ ====> bisa aja "berasa" berat

kalo perseneling kagak masalah (ngorok dll) mending coba sae 75-90 atawa 80-90 lebih encer olinya dibanding 90 doang..........

pake merk sih bebas...... yang penting ORI ehehhehehe


fajarm


Top
Offline Profile  
 
 Post subject: Re: menggati olie persneling
PostPosted: Fri Dec 10, 2010 4:45 pm 
Beginner Mazda
User avatar

Joined: Sun Aug 08, 2010 11:33 am
Posts: 46
Location: Jogjakarta
Betul om, berat pas pindah gigi persneling trutama dari posisi stop masuk gigi 1 atau mundur. klo dah jalan sich biasa lagi. kalo sesuai spek kekentalan oli sich sepertinya sama antara rored & castrol mtf.

besok kalau pas jadwal ganti oli persneling saya coba yang 75-90.

berarti ganti kampas kopling pengaruh juga ya ke perpindah gigi persneling?


Top
Offline Profile  
 
 Post subject: Re: menggati olie persneling
PostPosted: Fri Dec 10, 2010 5:49 pm 
Moderator

Joined: Thu Jan 05, 2006 2:29 pm
Posts: 1563
Pengaruh besarrrrr OM........ terutama memang angkatan pertama dari mau jalan masukin gigi.............. biasa berasa geter / berat dll lah........

kalo udah jalan sih emang biasanya "hampir" kagak berasa.............


kemungkinan besar sih, pengaruh dari merk KOPLING SETnya tuh...........

kudu beli di bengkel part yang terpercaya deach........ btw emang harga tapi kagak pernah boong dah.........



fajarm


Top
Offline Profile  
 
 Post subject: Re: menggati olie persneling
PostPosted: Sat Dec 11, 2010 3:24 pm 
Beginner Mazda
User avatar

Joined: Sun Aug 08, 2010 11:33 am
Posts: 46
Location: Jogjakarta
Tepat sekali om Fajar,

kalau mau jalan memang sedikit bergetar seperti tersendat, terutama kalau buat pelan. Tapi kalau buat cepat ga trasa tersendatnya.

biasanya untuk kembali ke normal, tanpa tersendat sampai berapa lama ya om?

makasih ya om, sekarang saya lega, tadinya saya pikir problem di gear persneling.


Top
Offline Profile  
 
 Post subject: Re: menggati olie persneling
PostPosted: Sat Dec 11, 2010 10:39 pm 
Moderator

Joined: Thu Jan 05, 2006 2:29 pm
Posts: 1563
kalo pengalaman om ade di familianya........

geter2 ketika angkatan awal... pengaruh dari per di dekrupnya....... entah kegedean / kekecilan.

setelah diganti dekrupnya dengan model per yang lain...... geter2nya pas awal angkatan masuk gigi hilang tuh.

kalo bicara kapan jadi enaknya........... hmmm ane kagak tau dah heheheheh

lah wong ada sedikit "kesalahan" di spart partnya kok.......

kalo dulu om ade, bisa tuker tuh dekrupnya..... karena beli di toko langganannya om david apollo senen............


kenapa pas RPM tinggi kagak berasa bergetar lagi?

karena roda gila / flywhell atau sistem koplingnya sudah berputar cepet........ namanya efek ape tuh ............. au dah.......... ehehehehhe


fajarm


Top
Offline Profile  
 
 Post subject: Re: menggati olie persneling
PostPosted: Sun Dec 12, 2010 4:57 pm 
Beginner Mazda
User avatar

Joined: Sun Aug 08, 2010 11:33 am
Posts: 46
Location: Jogjakarta
betul sekali om, dekrup kemarin juga dibenahi sekalian ganti kampas kopling.

hari ini dipakai gejala getar sudah tidak ada lagi, tinggal tuas persneling yang masih agak berat nich ...

ada istilah sincromesh itu apa ya om? klo ole persneling rored itu kan ada versi hda & epa, klo sincromesh nya dari kuningan katanya ga boleh pke yg epa karena sincromesh bisa terkikis?


Top
Offline Profile  
 
 Post subject: Re: menggati olie persneling
PostPosted: Sun Dec 12, 2010 6:29 pm 
Master of Mazda
User avatar

Joined: Fri Dec 30, 2005 8:38 am
Posts: 3775
betul om, yg EPA diklaim musuhan sama yellow metal

pakai yg hda ajah


Top
Offline Profile  
 
 Post subject: Re: menggati olie persneling
PostPosted: Fri Jan 07, 2011 4:09 pm 
Driver Mazda

Joined: Thu Jan 28, 2010 6:06 pm
Posts: 117
mas, tempat ganti olienya gimana tempatnya, bisa kasih tahu sama gambar, trus batasnya olie cara tahunya gimana ya mas.terima kasih banyak sebelumnya


Top
Offline Profile  
 
 Post subject: Re: menggati olie persneling
PostPosted: Fri Jan 07, 2011 7:14 pm 
Moderator

Joined: Thu Jan 05, 2006 2:29 pm
Posts: 1563
ngisi oli gearbox / perseneling ======> buka kabel speedometer yang nancep di gearbox.

kayaknya kagap perlu gambar dah.............. cukup buka pake kunci sok 10 aje (kalo ndak salah inget)

disitu keliatan kondisi oli L or F ====> liatnya yah di kabel speedo yang nanjep ke gearbox


fajarm


Top
Offline Profile  
 
 Post subject: Re: menggati olie persneling
PostPosted: Fri Feb 11, 2011 1:30 pm 
Driver Mazda

Joined: Thu Jan 28, 2010 6:06 pm
Posts: 117
mas, setelah kabel speedo dibuka itu bisa langsung dicabut atau masih nyantol kesesuatu? maaf mas masih belajar


Top
Offline Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 23 posts ]  Moderators: SiBiru, monos, risqiario, eddie.kts Go to page 1, 2  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  

Powered by phpBB

Iklan Bawah 1

Global An award-winning which enables you to build Web sites

Iklan Bawah 2

Global Hhave a certain amount of control over the way

Iklan Bawah 3

GlobalUltrices justo lorem ante pede sodales accumsan

Iklan Bawah 4

Global Plugins provide routines which are associated with it

Iklan Bawah 5

Template It provides the framework that brings together

Copyright © 2010 Mazda-Indonesia.Com. All Rights Reserved.