Mazda-Indonesia

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Iklan Atas 3

GlobalUltrices justo lorem ante pede sodales accumsan

Selalu Baca Buku Manual

Setiap mobil, seperti produk teknologi tinggi lainnya, selalu dilengkapi buku petunjuk pemakaian untuk pemilik. Di dalam buku owner's manual-sehingga sering disebut buku manual-ditulis keterangan lengkap mengenai mobil bersangkutan, mulai dari spesifikasi, kelengkapan fitur di dalamnya, hingga cara penggunaan dan perawatan.

Diharapkan dengan membaca buku manual tersebut, pemilik/pengemudi mobil bisa mengenal mobil dan menggunakannya seoptimal mungkin. Sayangnya, sebagian besar pengguna mobil di Indonesia masih menganggap buku itu tak berguna.

"Padahal di dalamnya terdapat semua informasi penting yang diperlukan pemilik mobil, termasuk fitur-fitur keselamatan dan cara penggunaannya. Dengan perkembangan teknologi yang terus maju, selalu ada fitur baru dalam setiap mobil baru," kata Jusri Pulubuhu dari JDDC.

Salah satu bukti rendahnya kesadaran orang membaca buku manual adalah saat jual beli mobil bekas, biasanya buku manual ini tak disertakan. Akibatnya, banyak orang tidak mengenal berbagai fitur keselamatan dalam mobilnya, bahkan fitur-fitur yang paling sederhana sekalipun.

Beberapa fitur keselamatan yang menjadi perlengkapan standar mobil antara lain:

  1. Sandaran kepala atau head restrain (head rest). Banyak yang beranggapan sandaran kepala ini sekadar perlengkapan untuk kenyamanan pengemudi dan penumpang mobil. Padahal, peranti ini berguna untuk meredam gerakan kepala saat terjadi gerakan mendadak, karena tabrakan dari belakang. Selalu pasang head rest dengan ketinggian sejajar dengan posisi telinga dan mata. "Tanpa head rest atau ketinggiannya di bawah garis mata dan telinga, akan terjadi risiko cedera berat pada tulang leher saat terjadibenturan dari belakang," ujar Jusri.
  2. Kantung udara atau airbag. Peranti ini berfungsi melindungi penumpang dari benturan dengan bagian mobil yang keras dan tajam, seperti dasbor atau dinding logam. Ada mitos kalau ada airbag, pengemudi/penumpang tak perlu mengenakan sabuk pengaman. Mitos ini salah besar, sabuk pengaman harus dikenakan kapan pun, di mana pun, dalam kondisi apa pun, saat mobil berjalan."Tanpa sabuk pengaman, airbag justru bisa melukai,"tutur Jusri.
  3. Kunci pintu mobil. Mobil-mobil terbaru terus meningkatkan sistem pengamanannya. Beberapa merek mobil menerapkan sistem kunci otomatis yang bertujuan menjebak pencuri di dalam mobil. Bacalah buku manual untuk petunjuk penggunaannya guna mencegah Anda sendiri yang terjebak di dalam mobil.

Dimuat di: KOMPAS, Minggu, 26-02-2006. Halaman: 39
Oleh : DHF

 

Comments  

 
+1 #1 kayla 2012-12-17 23:55
salam kenal semua....saya baru jadi anggta ga tau caranya naya d mana?jadi saya kasih komen disini aja maaf sebelumnya
 

Iklan Bawah 1

Global An award-winning which enables you to build Web sites

Iklan Bawah 2

Global Hhave a certain amount of control over the way

Iklan Bawah 3

GlobalUltrices justo lorem ante pede sodales accumsan

Iklan Bawah 4

Global Plugins provide routines which are associated with it

Iklan Bawah 5

Template It provides the framework that brings together

Copyright © 2010 Mazda-Indonesia.Com. All Rights Reserved.