Mazda-Indonesia.Com

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Montir-Montir Nakal

Hemmm..... Jadi seru juga bahas montir2 nakal, calo dan lokasi penjualan spare part di Jakarta.

Bahwa Calo dan montir nakal selalu kita jumpai di semua tempat penjualan sparepart di jakarta (mungkin di daerah lain pun sama), bahkan bengkel dan montir jalalan pun tersebar di mana2.

Cipete (montir mulai di organize),  Kemayoran, Pal Merah,  Atrium (sudah ditertibkan), Proyek senen (sebagai tempat yg paling seram) juga sudah lebih rapih sekarang. Bengkel sudah di relokasi di lantai 8-9. Meski demikian masih ada beberapa toko dan oknum2 nakal. Apa lagi toko spare part copotan.

Ketika mobil kita memasuki kawasan tersebut, meski sudah ditertibkan, sampai sekarang masih saja dan selalu kita disambut oleh calo atau montir2 yang kadang agak memaksa.

Menyebalkan memang, sampai2 predikat brengsek layak diberikan  pada diri mereka.

Memasuki kawasan seperti ini, kita harus memahami betul kebutuhan kita. Jangan coba2 belanja tanpa tahu persis barang yg kita butuhkan. Dan ditempat inilah kita harus belanja onderdil dan nyawa buat mobil kita.

WASPADA adalah kata yang tepat buat kita saat memasuki kawasan tersebut. Dan wajib bagi kita memahami lingkungan tersebut.

Keberadaan Club Otomotif dapat membantu member menghindari kecurangan2 yg terjadi dengan memberikan informasi Montir, toko dan bengkel yg dapat dipercaya.

Sehingga, saat saya memasuki Cipete, Atrium atau Proyek Senen, tak ada lagi rasa takut. Tanpa perlu lagi bersinggungan dengan calo dan montir2 nakal. (priyopriharsoko)

Tips Menghindari Montor-Montir Nakal

 

Sebenarnya menghadapi montir-montir begitu, memang ada triknya, apalagi yang bertampang "suci" kaya saya, he, he, he.

Jadi, jangan sekali-sekali celangak-celinguk seperti mencari toko, mencari spare part, namun harus tegas, begitu memparkir mobil, langsung turun dan berjalan pasti, tanpa mencari-cari jalan, lurus saja, maka dijamin kita tidak akan diganggu.

Pergi ke satu toko, nah di situ boleh bertanya alamat toko, arah toko yang dicari atau kira-kira toko penjual spare part kita di mana.  Biasanya semua penjaga atau pemilik toko, selalu mau membantu.

Namun, kalau di depannya, bukan hanya penjaga atau pemilik toko, ada beberapa orang seperti montir, yang terlihat tidak ada kegiatan, menunggu sesuatu, batalkan niat anda.

Namun tetap saja saya was-was, kalau-kalau mobil kita dikerjai mereka saat kita masuk belanja, sehingga saya hampir tidak pernah lagi ke yang namanya ke Kemayoran, ke Proyek Senen, kecuali kalau menggunakan motor.

Begitu juga dengan tip saya yang pernah saya informasikan di milis ini, yang saya ulangi lagi, supaya rekan-rekan menjadi ingat dan yang selalu saya lakukan, agar kita mendapatkan harga part murah, yaitu SELALU membeli apapun dengan kondisi, kita bertangan kosong.

Kenapa ? Karena dengan bertangan kosong, maka penjaga atau pemilik toko, akan menganggap kita konsumen baru dan dengan demikian, kita akan diberi harga murah, supaya kelak kita belanja ke sana.

Namun, kalau kita ke toko itu, tangan sudah menenteng plastik, yang mereka tahu, biasanya berisi part yang sudah dibeli di toko lain dan sekarang kita mencari part yang tidak ada di toko lain, nah mereka pasti akan membuka harga dimahalkan.

Jadi rajin-rajinlah, setelah membeli part, taruhlah terlebih dahulu part yang sudah dibeli, ke mobil dan kembali lagi atau titipkan dahulu ke toko tempat kita membeli. Ini termasuk hal yang dilakukan kalau kita ke toko yang sudah menjadi langganan.

Kemudian setiap kali ke toko membeli part, selalu tanyakan harga part yang sering digunakan seperti filter oli, filter bensin, filter udara, supaya tahu patokkan harganya berapa dan jangan beli saat itu.  Nanti tanyakan ke toko berikutnya untuk part lain dan saat itu tanyakan lagi harga part yang sering digunakan dan ambil kalau harganya lebih murah.  Kalau lebih mahal, balik lagi ke toko sebelumnya dan beli langsung, kan sudah tahu tadi dia memberi harga berapa. (Henkie BD)

 

Comments  

 
+1 #1 soeks 2010-12-04 15:08
Tipsnya okay banget Bos ... saya selama ini kalo ke bengkel biasanya atas rekomendasi teman ato sodara. Dah kapok kalo bersikap "sok tau" ... hehehe
 

Iklan Bawah 1

Global An award-winning which enables you to build Web sites

Iklan Bawah 2

Global Hhave a certain amount of control over the way

Iklan Bawah 3

GlobalUltrices justo lorem ante pede sodales accumsan

Iklan Bawah 4

Global Plugins provide routines which are associated with it

Iklan Bawah 5

Template It provides the framework that brings together

Copyright © 2010 Mazda-Indonesia.Com. All Rights Reserved.